Selasa, 08 Juni 2010

BUAH ASAM KRANJI



Asam Keranji/Tamarind Velved/Dialium indum


Jenis Asam Keranji dari Kalimantan Tengah
Asam Keranji kulit coklat,lebih tipis,lebih ringan 3x dari keranji madu dan 2x lebih ringan dari asam keranji kulit hitam dari KalBar
Jual Keranji Asam tipe 1 harga Rp.15.000,-.Pengiriman TIKI ONS Rp.17.000 (DKI Jakarta),Rp.25.000 (Jawa-Bali)
Proses pengemasan untuk pengiriman ke Jeddah (1 kardus = 3okg)
Penyotiran untuk menjaga kualitas
Pengepakan dan pengecekan barang untuk menjamin keamanan sebelum pengiriman
pohon asam kranji di hutan kalimantan barat banyak tumbuh di sepanjang hulu sungai kapuas
namun sekarang mulai terancam punah akibat pembukaan lahan sawit yang tidak mengindahkan kelestarian hutan.

orang-orang kampung asli (dayak dan melayu) menggantungkan hidup dengan hasil hutan. bagaimana jadinya kalau hutannya habis di babat?


gambar kranji madu/asam kranji manis

Jual Keranji Asam tipe 1 harga Rp.25.000,-.Pengiriman TIKI ONS Rp.17.000 (DKI Jakarta),Rp.25.000 (Jawa-Bali)

gambar isi kranji asam warna orange dan isi kranji madu warna hitam kecoklatan

Sekilas tentang Asam Keranji

Keranji asam,Velvet tamarind, indum Dialium, adalah, pohon tinggi tropis, pohon buah, berasal dari selatan Thailand Malaysia dan Indonesia. Ini termasuk dalam keluarga Leguminosae, dan kecil, biasanya dimakan buah anggur berukuran dengan cokelat kerang dimakan keras. Karena dinilai kayunya keras dan kompak, itu adalah spesies terancam, dengan habitat yang dirambah penebangan dan pemukiman manusia. Tidak ada laporan tentang budidaya ada, informasi tentang propagasi terbatas

Rasa buah mirip dengan asam, di mana berasal nama Inggrisnya. Di Thailand, hal itu disebut "Luk Yee" atau "Yee", dan di Malaysia dan Indonesia orang biasa panggil nama "Keranji". Buah digunakan sebagai makanan ringan seperti permen di Thailand, sering kering, gula-coated dan dibumbui dengan cabai. Buah kering memiliki tekstur bedak, dan berwarna oranye dengan rasa tajam.Warna hitam memiliki rasa manis seperti permen coklat sehingga banyak dibudidayakan oleh masyarakat local (Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur).

Setiap buah biasanya memiliki satu keras, datar, bulat, biji coklat, biasanya 7-8 milimeter di dan 3 milimeter tebal. Benih agak mirip biji semangka (Citrullus lanatus). Beberapa memiliki dua biji. Benih-benih tersebut mengkilat, dilapisi dengan lapisan tipis dari pati.

Di Kalimantan, Indonesia setidaknya ada dua varietas untuk dijual di pasar lokal. Keduanya memiliki kulit yang sama rapuh tipis hitam, dan tampak alami seperti buah-buahan yang paling kering. Salah satu jenis yang lebih kecil adalah sekitar satu inci = 25 mm panjang dan memiliki bubuk coklat kemerahan ringan dikemas di sekitar biji tunggal, dengan ruang udara kecil di dalam shell. bubuk ini rasanya manis dan asam seperti permen "manis-tarts", dan dengan demikian terdekat dengan asam tersebut. Yang kedua lebih besar, sekitar 1 1 / 2 inci (38mm) panjang dan tampak luar yang sama tetapi berada di dalam cukup berbeda. Ada ruang kosong yang lebih dalam dan pulp adalah 2-3mm tebal sekitar biji (kadang-kadang 2 biji), coklat dan sedikit lengket, dan rasanya seperti campuran dari tiga bagian tanggal yang baik, satu bagian kismis, dan tepung gandum satu bagian . Ada juga lokal setidaknya satu lebih keranji liar, yang juga dari jenis yang bubuk, tapi terlalu asam untuk menikmati.

Buah asam keranji juga dapat ditemukan di negara-negara Afrika Barat seperti Sierra Leone, Senegal, Nigeria dimana dikenal sebagai awin dalam bahasa Yoruba, icheku dalam bahasa Igbo dan kurm Tsamiyar di Hausa.

Hal ini ditemukan tumbuh di hutan sabana yang lebat, ngarai yang gelap dan hutan galeri. Hal ini ditemukan dari Senegal ke Sudan sepanjang perbatasan selatan Sahel. Ini adalah Dialium paling umum dan luas di Nigeria. Di Ghana, D. guineense ditemukan di sepanjang perbatasan zona peralihan hutan tinggi, di hutan riverian dari hutan savana, di gosok pesisir, dan di vegetasi riparian dari Volta dekat Ada.

Di Nigeria, bunga pohon dari September hingga Oktober dan buah-buahan dari Oktober sampai Januari. Di Ghana, pada September-November pohon ditutupi dengan bunga-bunga putih kecil di malai, buah matang Maret-Mei tetapi mungkin lebih awal dan dapat bertahan lebih lama.Di Indonesia pohon ini berbunga dari Nopember-Desember dan berbuah siap panen antara bulan Januari-April setiap 3 tahun sekali.Hewan, yang suka makan bubur di mana benih tersebut tertanam, membantu menyebar buah.Namun, buah juga dapat diangkut oleh air karena mengapung; transportasi oleh arus laut dapat menyebabkan penyebaran jarak jauh.

pulp itu merah, dengan, rasa manis-asam zat mirip dengan baobab, tapi manis. Hal ini dikupas dan dimakan mentah, itu bisa menjadi sedikit sembelit. Tapi memuaskan dahaga, pulp buah segar juga dapat direndam dalam air dan diminum sebagai minuman. Daun yang pahit, mereka dapat digunakan untuk memasak 'domoda', hidangan Ghana yang rasanya manis dan pahit.Bahan Bakar: Pohon itu adalah kata untuk membuat kayu bakar yang baik dan arang. Kayu: lapisan kayu putih dengan tanda riak yang berbeda; heartwood berwarna merah-coklat. Karena kandungan silikat yang tinggi dari kayu, kapak dan gergaji cepat tumpul. kayu adalah keras, tahan lama, berat, coklat, dengan tekstur halus. Hal ini digunakan untuk kendaraan, rumah dan lantai. Daun kulit dan digunakan terhadap beberapa penyakit.


Buah asam ini banyak digunakan sebagai pengasam makanan di daerah Kalimantan. Di Jakarta, asam ini dulu sering dijajakan di sekolah-sekolah sebagai jajanan anak. Bentuk buahnya sebesar kelereng, warna kulitnya jika sudah diperam berwarna kehitaman dengan daging buah kecoklatan. Rasanya asam namun tidak seasam asam jawa.Tapi juga ada yang manis,orang Kalimantan barat biasa menyebutnya buah asam kranji madu.Rasanya seperti coklat dan madu,sangat lezat.

Berikut komposisi dari buah asam keranj

keranji asam (Dialium indum), dipisahkan menjadi bubur dan biji, dianalisis untuk komposisi proksimat, dipilih ion anorganik dan vitamin C. perbedaan signifikan (P> 0,001) yang diamati dalam nilai kelembaban (5,9 dan 4.9), bahan organik (97,5 dan 98,2), kering materi (94,1 dan 95,1), crude protein (15,7 dan 4,2), minyak mentah lemak (5.4 dan 2.6), abu (2,5 dan 1,8), serat kasar (6,6 dan 2,2) dan total karbohidrat (70,6 dan 86,6) untuk biji dan pulp, masing-masing. Diharapkan, tingkat asam askorbat nyata (P> 0,001) yang lebih tinggi dalam pulp (35,7 mg/100g) dibandingkan dengan benih (6,4 mg/100g). Berbagai tingkat ion anorganik yang dipilih juga terdeteksi. asam keranji hitam berpotensi sumber nutrisi yang baik untuk makanan manusia dan pakan ternak.

Kita menjual asam keranji eceran.Harga sesuai yang tertera di atas.Pembayaran TT atau via tranfer.Pengiriman 1 minggu

CP.+6285 226 026 117

84 komentar:

  1. Manfaat asam kranji selain untuk pengasam makanan di daerah kalimantan apakah ada fungsi lain sebagai obat herbal?

    Salam dari warga Depok Jawa Barat
    (M. Na'ib & Suratno)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mau beli asam kranji jumlah diatas 1 ton hub 081958881017.tks

      Hapus
    2. Assalamualaikum pa,msih minat asam keranji ga pa,klo minta kebetulan kita msih punya 1ton lebih,,WA 082111561200

      Hapus
  2. ada,di arab saudi keranji yang asam (orange)di pakai untuk menurunkan kolesterol dengan makan 3 biji sehari dan meningkatkan vitalitas.
    terima kasih

    BalasHapus
  3. berikut adalah kandungan keranji asam
    ABSTRAK Buah dari Hitam (Afrika) beludru asam (Dialium guineense Wild), dipisahkan menjadi bubur dan biji, dianalisis untuk komposisi proksimat, dipilih ion anorganik dan vitamin C. perbedaan signifikan (P> 0,001) yang diamati dalam nilai kelembaban (5,9 dan 4.9), bahan organik (97,5 dan 98,2), kering materi (94,1 dan 95,1), crude protein (15,7 dan 4,2), minyak mentah lemak (5.4 dan 2.6), abu (2,5 dan 1,8), serat kasar (6,6 dan 2,2) dan total karbohidrat (70,6 dan 86,6) untuk biji dan pulp, masing-masing. Diharapkan, tingkat asam askorbat nyata (P> 0,001) yang lebih tinggi dalam pulp (35,7 mg/100g) dibandingkan dengan benih (6,4 mg/100g). Berbagai tingkat ion anorganik yang dipilih juga terdeteksi. The asam beludru hitam berpotensi sumber nutrisi yang baik untuk makanan manusia dan pakan ternak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mau beli asam kranji nya, berapa harga nya per kg/ ton, bisa WA ke saya #6285880748963

      Hapus
  4. pemesanan asem kranjinya ga ada minimal pemesanan kan? harganya berapa ya?minat nih, tapi yg isinya orange & kulitnya hitam yah..

    Lanri
    0818221451

    BalasHapus
  5. Ada teman yang cari buah ini dalam quantity banyak
    .apakah bapak bisa memenuhinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ada kurang lebih 1 ton yg kulit hitam wa 081349607740

      Hapus
    2. Saya perlu disuplai sebanyak banyaknya, hub hp/WA 081348822914

      Hapus
    3. Saya ada asem keranji 1ton ni, jika minat WA 082111561200

      Hapus
  6. minimal 1kg . untuk yang orange (kranji asam )kita sudah habis.tinggal yang kulit coklat dalam orange (kranji asam kalteng) dan kranji madu.

    BalasHapus
  7. untuk sekarang milik saya tinggal 800kg yang kranji madu dan 1,2 ton kranji asam kulit coklat.untuk bulan ini stok di kalbar sudah habis karena ini musiman 4-5 tahun sekali (kayak pemilu ya).jika pas musimnya saya sanggup.tinggal jenis kranji apa dan harga.
    silahkan hub saya di 081352508738 (Arif Wahyudi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon diinformasikan no yang aktif untk rencana pembelian asam kranji 1 x d20 melalui pontianak itu pelbauhannya?

      Hapus
  8. Untuk orange kita ada tapi tidak banyak kira 100kg. Jika mau pesan bisa sms saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya cari 5 ton asam keranji pak. Ada

      Hapus
    2. Saya punya pak bs telp ke saya 085268082283, kami punya kebun sendiri.

      Hapus
    3. nomornya tidak terdaftar di wa ya mba linda?

      Hapus
  9. Ada teman yang cari buah ini dalam quantity banyak. Apakah bapak bisa memenuhinya? Berapa Stock bapak? (Rifky - 08882988988)

    BalasHapus
  10. mau pesen asam kranji orange 1 kg dunk ke wilayah bekasi, berapa harganya? cara pembayaran dan pengiriman barangnya gmana??? di jamin sampe tujuan???trim's

    fety-02189564553

    BalasHapus
  11. brapa harganya per kilo asem keranji kulit hitam?
    sy butuh hubungi sy di02295838159

    BalasHapus
  12. saya mw pesen asam kranji kulit hitam 1kg ke kbn jeruk jakarta barat...brp total harga & ongkirnya?
    Hub saya 085210479606

    BalasHapus
  13. Saya ♍ǝû pesan contoh dulu 1 kg ke purwodadi grobogan jateng brp harga + ongkir 08972000013

    BalasHapus
  14. kalau mau pesan buah keranji 1 kg alamat kirim Palembang berapa ya, makasih nomor tel 08127188080

    BalasHapus
  15. SAYA mau Pesan keranji warna orange Alamat kirm tangerang. Bs TLG hub I says di 087853688999

    BalasHapus
  16. Kmrn sy ada dikasi manisan buah kernji dr thailand,tapi didlm kemasan ada kumbangnya,apa blg dimakan manisan keranjinya?

    BalasHapus
  17. sya mau pesan kulit pohon asam keranji,sebagai obat... apakah bisa ..??

    BalasHapus
  18. saya mau beli yang kulit hitam, dalam orange, per kg nya berapa ?
    bisa wa saya ke 087883114053

    terima kasih

    BalasHapus
  19. saya mau beli buah keranji asam,, apakah masih ada??

    BalasHapus
  20. saya mw pesen asam kranji kulit hitam 1kg ke Radio dalam jakarta Selatan..brp total harga & ongkirnya?
    Hub saya 081286767890

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum. Mhon maaf pak saya mau pesan banyak. Berapa ya harga plus ongkir nya ke daerah bandung jawa barat. Bisa nggak perkardus nya 10 kg sya mau pesan 10 dus aza tuk permulaan. Dani 083829119207

    BalasHapus
  22. Harga 1 kg nya berapa ya??
    Mau pesen 1kg ajja buat yang lgi ngidam untuk wilaya Cianjur..

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Itu harga yg tertera diatas utk berat seberapa banyak? Soalnya hanya ada harga... Tanpa keterangan berat / banyaknya.
    Mohon infonya segera. Thx.

    BalasHapus
  25. Saya butuh Asam kranji untuk Satu kontainer saya hub no nya tidak bisa terus bagaimana yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami punya bnyk tolong no hp bpk atau bpk bs telp saya 085268082283

      Hapus
    2. Lokasinya dimana Bu Linda?

      Hapus
    3. Bapak butuh brapa ton ?hubungisaya dinmr 082371658778

      Hapus
    4. saya butuh asam keranji stok banyak
      hubungi wa saya +62 811-5419-022

      Hapus
  26. Siang bisa pesan buah keranji pak

    BalasHapus
  27. Saya butuh asem keranji yg sortiran.satu kilo nya berapa ya. Saya butuh banyak tolong balas pak...

    BalasHapus
  28. satu kg yang masih berkulit berapaa? saya banyak stock.wa 081360663420

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo pak bisa suplai berapa banyak sekali musim panen, kami butuh banyak hubungi +6285880748963 , Rahmi

      Hapus
  29. siapa yang membutuhkan sekala besar atau buah kranji bisa kontak saya.wa,081360063420

    BalasHapus
  30. Brapa harga kranji madu/ 1 kg ya..

    BalasHapus
  31. Brapa harga kranji madu/ 1 kg ya..

    BalasHapus
  32. Yg butuh buah keranji dlm jumlah yg bnyk hubngi saya kami punya kebun sendiri untk buah keranji super nya.no wa saya 085268082283.

    BalasHapus
  33. Yang butuh asam koranji warna orange skala besar busa hubungi saya.. Langsung dari petani.. 087773216774

    BalasHapus
  34. saya mau pesan buah keranji y,,

    BalasHapus
  35. Sy butuh asem kranji jumlah banyak mohon infonya hrg brp,bs wa ke081328275555

    BalasHapus
  36. Saya perlu keranji asam sebanyak-banyaknya, hub saya hp/WA 081348822914

    BalasHapus
  37. Saya perlu keranji asam sebanyak-banyaknya, hub saya hp/WA 081348822914

    BalasHapus
  38. Asam Kranji yg langka ini kami butuh informas

    BalasHapus
  39. Saya perlu 5 ton hub saya ini nomor/ wa .087766261905

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abdoo saya ada buah asem keranji stock 7ton..sudah Peking dus export posisi saya dipontianak Kalimantan barat.. boleh hub saya 081251253266

      Hapus
    2. apa asam kranjinya masih ada?

      Hapus
  40. Saya ada asam keranji 25 ton di gudang surabaya. Kalau ada permintan beli tolong kasih tahu Nomor hp saya +6281524401805

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo ini dengan Pak Anil ya...kalo harga OK, kita ambil semua Pak, spt yg di wa

      Hapus
    2. apa masih ready asam keranjinya?

      Hapus
  41. Saya mau yang madu 1 kg brp+ongkir ke Banjar Patroman

    BalasHapus
  42. Halo, saya cari asam kranji yang bagus > 10 ton , yg dari kalimantan adakah ? 085880748963

    BalasHapus
  43. Yang punya stok rutin banyak tiap musim panen, bisa hubungi saya Rahmi +6285880748963, kami butuh banyak, terima kasih

    BalasHapus
  44. Saya berminat asam kranji orange brp bnyk pun siap saya angkut kalau hub saya 087886174131 wa.
    Ditunggu kabarnya

    BalasHapus
  45. Ada yg jual kranji saya siap beli dengan jumlah banyak
    Hub. 081646063869

    BalasHapus
  46. Saya ada buah keranji 20 ton yg minat hubungi saya hp 085777444248

    BalasHapus
  47. saya ada asam keranji 3 ton
    harga 25 rb per kg ex ghdang surabaya
    kalau mau serius hubungi saya
    Anil
    +6281524401805

    BalasHapus
  48. Saya mau yg Kranji madu 1kg brp rupiah, Kirim k depok

    BalasHapus
  49. saya butuh asam keranji, jika serius wa ke +62 858-6132-2589

    BalasHapus
  50. saya butuh asam kranji dengan stok banyak dan kualitas bagus

    BalasHapus
  51. Masih ad ka buah keranji nya . Ini kontak saya ka 081545431663

    BalasHapus